Proposal TIK


PROPOSAL

PENGEMBANGAN LABORATORIUM TIK
MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN






Disusun oleh :


MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
2010

Kantor : Jl.Ambokembang Gg.IX, No.4, Kedungwuni, Pekalongan
Jawa Tengah, 51172, Phone.0285-785559, e-mail : mtsmpkj@gmail.com




LEMBAR PENGESAHAN




KEPALA MADRASAH
TELAH MENGESAHKAN PROPOSAL PENGEMBANGAN LABORATORIUM TIK
MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
TAHUN AJARAN 2010/2011




DISAHKAN DI : AMBOKEMBANG
PADA TGL : 01 JUNI 2009




KEPALA MADRASAH






HEROWATI, S.Ag
NIP 150 134 711






MENGETAHUI




KAKANDEPAG KETUA KOMITE
KABUPATEN PEKALONGAN MTs M PEKAJANGAN







…………………………………. ……………………………..
NIP …………………………….





USULAN PROPOSAL



1. Nama Madrasah : MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
2. Nama Yayasan : Muhammadiyah Cabang Pekajangan Majlis Dikdasmen
3. Alamat : Ambokembang Gg. 09 No. 4 Kedungwuni
4. Jenjang Akreditasi : Terakreditasi dengan Peringkat B
Nomor : Kw.11.4/4/PP.03.2/624.26.07/2005
5. Jenis Usulan : Pengembangan Laboratorium TIK
6. Anggaran
Ruang Laboratorium TIK 1 lokal : Rp. 200.000.000,-
Peralatan&Perlengkapan TIK : Rp. 360.100.000,- +
Jumlah : Rp. 360.100.000,-
( Tiga Ratus Enam Puluh Juta Seratus Ribu Rupiah )

7. Data Profil Sekolah : Terlampir
8. Indikator keberhasilan
8.1. Jumlah pendaftar dari tahun ke tahun terus meningkat
8.2. Jumlah kelulusan antara 94 % s.d. 100 %
8.3. Nilai rata – rata prestasi siswa meningkat 0,2 %



Kepala MTs Muh Pekajangan



HEROWATI, S. Ag
NIP. 150 134 711

Kata Pengantar


Teriring Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang Maha Kuasa sehingga atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyusun Proposal Pengembangan Laboratorium TIK sebagai hasil kajian bersama dalam forum rapat dinas Dewan Guru, Karyawan Tata Usaha, dan Komite MTs Muhammadiyah Pekajangan pada hari Selasa tanggal 1 Juni 2010.

Proposal Pengembangan Laboratorium TIK ini disusun sebagai realisasi upaya pengembangan intitusi pendidikan yang ideal memiliki berbagai fasilitas infrastruktur pendukung kegiatan pembelajaran, guna menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berbasis keunggulan lokal dan global.

Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mohon maklum apabila terdapat kekurangan. Kami mengharapkan saran untuk perbaikan proposal ini pada tahun berikutnya.

Atas perhatian dan kebijaksanaannya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini.





Kepala MTs Muh.Pekajangan





HEROWATI, S.Ag
NIP.150 134 711



Dafatar Isi

Halaman Judul 1
Halaman Pengesahan 2
Halaman Usulan 3
Kata Pengantar 4
Daftar Isi 5

Bagian-1 : Analisis Situasi 6
A. Pendahuluan 6
B. Profil MTs Muhammadiyah Pekajangan 7
C. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lab TIK 7

Bagian-2 : Desain Program Pengembangan 8
A. Infrastruktur ICT di Laboratorium TIK 8
B. Setrategi Pengadaan Sarana Laboratorium TIK 9
C. Desain Ruangan dan Peralatan Laboratorium 10

Bagian-3 : Fungsi dan Kegunaan 11
A. Tujuan Pengembangan Laboratorium TIK 12
B. Fungsi Pemanfaatan Pengembangaan Laboratorium TIK 13
C. Rencana Penggunaan Pengembangan Laboratorium TIK 14

Bagian-4 : Alokasi Dana yang Dibutuhkan 15

Bagian-5 : Penutup 16

Lampiran-lampiran 17
1. Dokumentasi Keadaan Sekolah





Bagian - 1
Analisis Situasi

A. Pendahuluan
Ruangan Laboratorium TIK MTs Muhammadiyah Pekajangan merupakan peralihan ruang kelas yang tidak terpakai sejak tanggal 12 Juli 2004 dengan luas ruangan + 48 m2. Pada awal diberlakukannya kurikulum KBK yang memuat materi TIK maka pihak madrasah berusaha menyediakan ruangan dengan kondisi perlengkapan computer seadanya. Pada awal tahun ajaran 2004/2005 dengan jumlah computer sebanyak 2 buah dengan spesifikasi Pentium 1.
Laboratorium TIK terutama digunakan dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Selain itu juga digunakan dalam pelajaran-pelajaran lain yang memerlukan media presentasi menggunakan komputer dan tampilan LCD proyektor dan koneksi internet.
Berikut adalah data jumlah dan spesifikasi PC serta sarana lain yang tersedia di Laboratorium Komputer MTs Muhammadiyah pada tahun ajaran 2009/2010, yang aktif dipergunakan saat ini.
No Jenis Spesifikasi Jumlah Kondisi
1 Pentium Dual core LCD, 512 MB, 80 GB, DVD RW 1 Baik
Pentium 4 CRT, 512 MB, 20 GB, DVD ROM 10 7 baik, 3 eror
2 Pentium 3 CRT, 128 MB, 8 GB, CD ROM 12 5 baik, 5 eror, 2 rusak
3 LCD projector Accer 1 Baik
4 Screen Proyektor Accer 1 Baik
5 Printer Deskjet HP 2 1 Baik,
1 rusak
6 Meja Kayu Kecil, Letak Layar di atas 15 13 Baik
2 Rusak
7 Meja Fiber Besar, Letak layar di atas 2 1 Baik
1 Rusak
8 Meja Fiber Kecil, Letak layar di atas 8 Rusak


B. Profil MTs Muhammadiyah Pekajangan
1. Latar Belakang Madrasah
MTs Muhammadiyah Pekajangan suatu lembaga pendidikan yang berupaya mencetak kader bangsa yang ber amaliah sesuai dengan tujuan :
a. Tujuan Pendidikan Nasional :
Meningkatakan ketaqwaan terhadap tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan dan ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia – manusia pembangunan yang dapat membagi dirinya sendiri serta bersama – sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
b. Tujuan Pendidikan Muhammadiyah
Terwujudnya manusia muslim yang bertaqwa, berakhlaq mulia, cukup percaya pada diri sendiri, cinta tanah air berguna bagi masyarakat utama, adil dan makmur yan diridhoi oleh Allah swt.
Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut maka MTs Muhammadiyah Pekajangan mempunyai visi dan Misi yang jelas sesuai keinginan yang diharapkan.

2. Visi MTs Muhammadiyah Pekajangan
• Berkarya berdasarkan iman dan akhlaqul karimah
• Berkreasi berdasarkan prestasi
• Bermanfaat bagi semua

3. Misi MTs Muhammadiyah Pekajangan
”Memberi bekal moral dan ketrampilan kepada anak didik agar dapat mengembangkan hidupnya sebagai anggota masyarakat serta mampu menjadi teladan yang baik dilingkungannya”


4. Identitas Sekolah
Nama Sekolah : MTs Muhammadiyah Pekajangan
Alamat : Ambokembang Gg 09 No 04
Kecamatan : Kedungwuni
Kabupaten : Pekalongan
a. Nama dan alamat Yayasan / : Muhammadiyah Cabang Pekajangan Penyelenggaraan Sekolah Bagian Dikdasmen
b. NSS / NSM : 2 1 2 3 3 2 6 1 3 0 1 2
c. Jenjang akreditasi : Terakreditasi B
d. Tahun didirikan : 1953
e. Tahun beroperasi : 1953
f. Status tanah : Milik sendiri
1) Surat ijin kepemilikan tanah : Sertifikat / Akte / GS. 323 / III Tahun 1982
2) Luas tanah : 4930 m2
g. Status Bangunan : Milik sendiri
1) Surat ijin bangunan : No.1461 / IZ / KDH / BANG / 1988
2) Luas bangunan : 1260 m2
h. Jumlah siswa dalam 3 ( tiga ) tahun terakhir
a. Data Siswa
Kelas Jumlah Siswa Ket
2007 / 2008 2008 / 2009 2009/2010
7 106 92 105
8 110 90 85
9 90 95 81
Jumlah 306 277 271

5. Data Ruang
a. Kelas 7 : 3 ruang : kondisi baik
b. Kelas 8 : 3 ruang : kondisi baik
c. Kelas 9 : 3 ruang : kondisi baik  
6. Data Rombongan Belajar
a. Kelas 7 : 3 Rombongan belajar
b. Kelas 8 : 2 Rombongan belajar
c. Kelas 9 : 3 Rombongan belajar
7. GURU
a. Jumlah Guru : 22 orang
b. Guru Tetap Yayasan : 1 orang
c. Guru Tidak Tetap : 13 orang
d. Guru PNS / DPK : 8 orang
e. Staf Tata Usaha : 3 orang
f. Pesuruh Sekolah : 1 orang
g. Penjaga Malam : 1 orang
8. Sumber Dana Operasional dan Perawatan
a. SPP / BP3 / Yayasan / Subsidi / Lainnya




Ambokembang, 1 Juni 2010
Kepala MTs Muh Pekajangan



HEROWATI, S. Ag
NIP. 150 134 711

KEADAAN GURU DAN PEGAWAI
MTs MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN
Tahun 2009/2010
Keadaan Guru
No Nama Status L/P Tanggal lahir Pendidikan TMT Mengajar
Mapel
1. Herowati,S.Ag Kamad P 22 / 12 / 1950 S1 ‘01 01 / 07 / 1982 PKn
2. Wachjudin, A.Md Wakil L 06 / 08 / 1949 DIII ‘99 01 / 07 / 1991 -
3. Rizqoniyah, A.Md DPK P 03 / 04 / 1950 DIII ‘99 01 / 07 / 1982 IPS, Tata Boga
4. Fauzi Noor, A.Md GTT L 19 / 10 / 1949 DIII ‘99 01 / 07 / 1982 Penjas
5. Siti Khomsah, A.Md GTY P 08 / 07 / 1965 DIII ‘89 01 / 07 / 1998 IPA, Fisika
6. M.Tabi’in GTT L 01 / 03 / 1978 PP ‘98 01 / 07 / 2001 Bhs. Arab
7. Arief Budiman, S.Ag DPK L 02 / 07 / 1975 S1 ‘00 01 / 07 / 2001 Kemuh, Aqidah Akhlak
8. Muh. Sukron, S.Pd I DPK L 06 / 04 / 1979 S1 ‘03 01 / 07 / 2003 TIK, SKI
9. Muhammad Khairuddin,S.Pd GTT L 16 / 09 / 1979 S1 ’02 01 / 07 / 2003 Fisika
10. Sodik Samiarso, S.Pd GTT L 30 / 11 / 1971 S1 ‘97 01 / 07 / 2003 Bhs. Indonesia
11. Any Nur Baya, S.Pd DPK P 08 / 09 / 1980 S1 ‘03 01 / 07 / 2003 Bhs. Indonesia
12. Dina Kamilia Sari, S.Pd DPK P 02 / 09 / 1979 S1 ‘02 01 / 09 / 2003 Bhs. Inggris
13. Sumarno, S.Pd I GTT L 16 / 04 / 1983 S1 ’05 01 / 07 / 2005 Fiqih, QH
14. Kismun, S.Pd GTT L 16 / 07 / 1966 IKIP ’97 01 / 07 / 2005 Bhs. Jawa
15. Saifurrakhman, SHI GTT L 22 / 11 / 1983 SMA 01 / 07 / 2005 Penjas
16. Tri Septisetyaningrum, S.Pd GTT P 03 / 09 / 1981 S1 ‘04 01 / 07 / 2005 Biologi
17. Enik Maftukhah, S.Pd I GTT P 27 / 06 / 1981 S1 ‘06 01 / 07 / 2006 Bhs.Inggris, Bhs. Arab, QH
18. Tri Maya Sari, S.Pd GTT P 22 / 09 / 1983 S1 ’06 01 / 07 / 2006 Matematika
19. Mauidhatul Khasanah, S.Pd GTT P 07 / 07 / 1985 S1 ’07 01 / 07 / 2008 Matematika
20. Willy Fajar Nugraha, S.Pd GTT L 15 / 10 / 1986 S1 ’09 01 / 07 / 2009 Kesenian
21. Asrul Arif GTT L 22 / 07 / 1988 DIII’10 01 / 12 / 2009 TIK
22. Zuli Astutik, S.E DPK P 01 / 07 / 1978 S1 ‘02 01 / 12 / 2009 IPS, PKn

Keadaan Pegawai
No Nama Status L/P Tanggal lahir Pendidikan TMT
1. Sunanto Kep.TU L 05/04/1965 SMEA ’82 01/07/1983
2. Dumirah Bendahara P 18/11/1961 MAN ’81 01/07/1985
3. Ika Rochmaniar, A. Md TU P 15/06/1979 DIII ‘01 01/07/2002
4. Sariyah Pesuruh P 30/12/1947 SD 01/07/1983
5. Sah Slamet Penjaga L 24/05/1967 SD 01/07/2008

Kepala MTs Muh Pekajangan


HEROWATI, S. Ag
NIP. 150 134 711


c. Permasalahan
1. Sempitnya/ overnya ruangan untuk menampung semua peralatan dan guru serta murid saat pembelajaran atau pelatihan
2. Tingginya frekuensi pemakaian komputer beserta berbagai bentuk media input (pendrive, memory card) dari guru dan siswa, menyebabkan menurunnya kinerja Operating System, akumulasi virus PC, akumulasi file-file “penyakit” pada PC.
3. Pendinginan processor CPU beberapa PC Pentium IV perlu di-refill dengan cairan khusus
4. Beberapa peralatan yang sudah eror dan rusak (PC, printer, router, switch, meja-kursi), perlu diperbaiki/ diganti
5. Kondisi kinerja beberapa PC yang perlu diganti dengan yang baru
6. Kurang lancarnya koneksi internet di laboratorium
7. Belum semua PC yang dapat terkoneksi internet
8. Tidak adanya daya air contioner (AC) untuk mengatasi kegerahan dan memenuhi standar kenyamanan ruangan

d. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lab TIK
Untuk itu penerapan TIK dalam kegiatan pembelajaran dapat memperhatikan berbagai kemampuan dan kondisi yang ada, dalam hal ini dapat melalui analisis SWOT.
a. Strength – kekuatan
1) Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin terbuka dan dapat diakses secara mudah dan selektif
2) Sumber daya manuisia seperti guru dan tenaga kependidikan telah mampu mengoperasikan komputer, dengan berlatih sendiri maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan suatu lembaga/instansi.
3) Tersedianya berbagai bahan ajar presentasi dan interaktif yang dibuat sendiri oleh guru maupun yang hasil olah orang lain yang dapat digunakan sebagai sumber dan media pembelajaran.
4) Perkembangan teknologi yang semakin familier dengan dunia anak, sehingga siswa sudah ada yang mahir menggunakan computer ketika memasuki jenjang pendidikan menengah.
5) Perkembangan teknologi yang pesat, hingga mengharuskan sekolah telah memiliki laboratorium komputer.
6) Perubahan paradigma pembelajaran dari pimpinan sekolah yang menginginkan hadirnya e-learning di sekolahnya.
7) Adanya dukugan berbagai pihak, baik Pemerintah dan dunia industri dan berbagai lembaga sosial yang mendorong pemanfaatan ICT untuk pendidikan.
b. Weaknesses – kelemahan
1) Sumber daya manusia guru yang sangat menguasai penggunaan ICT sebagai alat bantu dan media mengajar masih kurang.
2) Hanya sedikit guru yang tahu cara menggunakan dan menyajikan alat bantu ICT dalam kegiatan belajar-mengajar.
3) Kurangnya perhatian dan bimbingan terhadap siswa dalam pemanfaatan bahan ajar yang harus menjadi acuannya.
4) Masih terbatasnya penggunaan Lab TIK yang hanya menjadi sarana ‘belajar menggunakan komputer’, bukan sebagai tempat belajar mata pelajaran lain.
5) Ketidatahuan dan ketidafahaman Pimpinan sekolah dalam penggunan ICT untuk dimanfaatkan untuk e-learning di sekolahnya.
6) Ketidafokusan Pemerintah dan dunia industri dalam usaha pemanfaatan ICT untuk pendidikan.
7) Pemerintah dan kalangan pengusaha lambat dalam melakukan kerja sama untuk menyediakan infra struktur akses internet secara merata dan memadai.
c. Opportunity – Peluang/Kesempatan
1) Tersedianya berbaga bahan belajar di internet yang dapat didownload untuk diadopsi dan diadaptasi sehingga dapat disajikan sebagai bahan belajar di sekolah.
2) Siswa memiliki sarana untuk belajar menggunakan e-learning (flash disk, MP3/MP4/MP5 player, VCD/DVD Player, HP/PDA dan komputer).
3) Laborarorium sekolah yang telah memiliki koneksi jaringan lokal (LAN) dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar-mengajar berbasis web.
4) Pimpinan sekolah telah mengalokasikan anggaran untuk pengembangan ICT di sekolahnya.
5) Pemerintah melalui instansi terkait secara besar-besaran melakukan pelatihan untuk kalangan pendidikan dalam menggunakan ICT.
d. Threats – Ancaman
1) Guru yang memiliki pengetahuan di bidang ICT menjadi putus asa karena minimnya sarana dan prasarana.
2) Siswa menggunakan komputer hanya sebagai sarana bermain bukan sebagai alat belajar.
3) Investasi pembuatan jaringan (LAN) di sekolah tidak berfungsi optimal.
4) Pimpinan sekolah merasa gagal, karena e-learning yang diharapkannya tidak mampu berjalan dengan tidak tersedianya bahan ajar untuk guru dan siswa.
5) Fungsi e-learning dan ICT secara keseluruhan hanya dapat dinikmati di Sekolah perkotaan dan tidak mampu untuk mengatasi kesenjangan belajar di daerah pinggiran.


Bagain – 2
Desain Program Pengembangan

A. Infrastruktur ICT di Laboratorium TIK
Di lihat dari analisis di atas dan standar ideal infrastruktur Lab TIK menurut PT CMI, MTs Muhammadiyah dari sisi penerapan TIK berada pada tingkatan berkembang.
Ciri sekolah yang penerapan TIK nya sudah mulai berkembang adalah adanya dorongan yang nyata dari seluruh warga sekolah untuk melaksanakan pembelajaran berbasis komputer. Sekolah menyediakan laboratorium komputer tetapi belum mampu menyediakan akses yang cukup kepada siswa dalam hal internet dan digital based content. Komputer sudah terpasang di beberapa ruangan seperti ruangan kepala sekolah, ruangan guru, dan ruangan tata usaha.
Layanan yang perlu dikembangkan untuk kategori sekolah jenis ini adalah, menyiapkan infrastruktur untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer di dalam kelas dan virtual desktop untuk membantu administrasi dan akademik sekolah.
Untuk sekolah jenis ini, diperlukan Paket Berkembang yang dibundle oleh PT. CMI dengan konten sebagai berikut :
• Sebuah komputer server yang telah diisi dengan sistem operasi Windows Server, lima buah virtual desktop dengan sistem operasi Windows Client Terbaru (Vista atau Windows 7), Program Administrasi (SMP, SMA, maupun SMK), Program eLearningPro, Program Pembelajaran Mandiri, dan program gateway ke internet dan sms.
• Seperangkat jaringan Cisco untuk memperkuat infrastruktur sekolah.
• Lima buah komputer thin-client yang difungsikan untuk membantu administrasi akademi di bagian tata usaha.
• Jika sekolah telah memiliki akses internet atau mengusahakan akses internet setelah membeli paket berkembang ini, maka server yang sudah dipasang dapat difungsikan sebagai proxy dan webserver sekolah sekaligus sebagai layanan sms untuk orang tua siswa.
Spesifikasi Paket Berkembang
1. Satu Unit Server (Xeon 3 GB, Mem 12 GB, HDD 512 GB)
2. Satu Set Perangkat Jaringan Cisco (Switch, Router dll)
3. Software Virtualisasi VMware ESX 4.0
4. Software Operating System MS Windows 2008 Standart
5. Lima lisensi Software Operating windows terbaru (Vista atau Windows 7)
6. Lima buah thin-client PC
7. Satu Paket CD Pembelajaran
8. Satu lisensi program eLearningPro (Perpustakaan Digital dan Pengelolaan Pembelajaran)
9. Paket Aplikasi Sekolah (SMP / SMA / SMK)
10. Layanan Web Server
11. Software Aplikasi WebSMS Versi Terbaru berikut Free Short Number SMS Gateway 9336.
Untuk itu dalam rangka memenuhi standarisasi Laboratorium TIK sebagaimana digambarkan di atas, Pengembangan Laboratorium TIK dapat dikelompokan dalam tiga perencanaan, yakni :
1. Perencanaan Jangka Pendek
Untuk jangka pendek merupakan perencanaan dalam durasi 1 tahun berjalan KBM yang bersifat pemaksimalan gedung, ruangan dan peralatan yang sudah ada untuk dimaksimalkan penggunaannya.
Rencana yang akan dikembangkan, berupa :
a. Penyusunan ulang pengelola dan penanggung jawab dan pembuatan tatib (SOP) Laboratorium TIK
b. Pembaharuan data dan program computer yang up to date
c. Penataan ulang setting ruangan untuk dirubah berbentuk pola U
d. Penataan jaringan listrik dengan pemisahan pengendalian
e. Perbaikan beberapa computer yang sudah tidak memadai
f. Pembelian beberapa peralatan jaringan
g. Pemasangan program pengawasan dan pengendalian penggunaan computer siswa
2. Perencanaan Jangka Menengah
Untuk jangka menengah merupakan perencanaan dalam durasi 1 sampai 5 tahun yang bersifat pembaharuan peralatan dan perelengkapan.
a. Penggantian dan Penambahan computer yang memadai
b. Penggantian dan penambahan mebeler
3. Perencanaan Jangka Panjang
Untuk jangka panjang merupakan perencanaan dalam durasi 1 – 10 tahun yang bersifat pembaharuan secara menyeluruh dan kompreherensif.
a. Pembangunan gedung baru yang ideal dan sangat memadai
b. Peningkatan sarana berupa pemasangan daya listrik baru yang berkapasitas minimal untuk mendukung sejumlah computer sebanyak 30 buah
c. Penambahan fasilitas jaringan internet berupa area hotspot
d. Pengadaan computer tiap kelas dilengkapi audio visual dan LCD proyektor
e. Pengadaan inventaris laptop pembelajaran bagi guru
f. Pemanfaatan Lab TIK untuk dikembangkan menjadi unit usaha madrasah yang dapat dipergunakan untuk umum.
Secara sistematis rencana pengadaan infrastruktur sebagaimana berikut :
1. Pembangunan ruangan Laboratorium TIK yang memiliki luas 80 m2
2. Pemasangan daya listrik baru yang dikhususkan untuk penggunaan ruang Lab TIK
3. Penambahan 20 set PC baru. Jadi jumlah PC adalah 43 set (1 Dual core, 10 Pentium IV, 12 Pentium 3 dan 20 PC Centrino Duo) dan Laptop terbaru 5 buah
4. Pengadaan USB internet adapter untuk tiap PC
5. Pengadaan Lancard untuk tiap PC Pentium 3
6. Pengadaan hub/switch dengan port 8 sebanyak 6 buah
7. Pengadaan AC untuk kenyamanan ruanganFormat dan instal Operating System, Office, dan anti virus
8. Instalasi Go Back system yang dapat menghapus data dan software “penyakit”
9. Refill cairan pendingin “thermo paste”, untuk perlindungan PC terhadap panas
10. Pembelian Perbaikan peralatan laboratorium (printer, meja-kursi dll)
Detail Spesifikasi PC
No Spesifikasi
1 Intel Pentium Centrino Duo 3.0 GHz.
2 P4M800 PRO Intel chips Main board.
3 Integrated 3D channel AC’97 Sound.
4 Integrated Intel Graphic Card.
5 10/100 Mbps Network LAN.
6 1 GB DDR 2 Memory Ram.
7 80GB 7200 rpm SATA Hard disk.
8 18x DVD+RW Drive.
9 1.44 Floopy FDD Drive
10 PS2 Windows Keyboard.
11 USB Optical Mouse.
12 ATX P4 450W Power Tower Casing.
13 17’LCD with Speaker.

• Free USB Sonic Gear Multimedia Speaker Set.
• Free Extra CPU Cooling Fan

B. Setrategi Pengembangan Laboratorium TIK
Untuk membantu tercapainya program pengembangan ini, kami membuat setrategi pengadaan infrastruktur untuk memenuhi standar kebutuhan di sekolah dengan harga terjangkau dan bergaransi atas resiko kerusakan yang terjadi di kemudian hari.
Setrategi pengembangan yang ada dilalui dengan beberapa langkah :
1. Identifikasi kebutuhan yang uregen dan sangat bermanfaat
2. Identifikasi kemampuan
3. Identifikasi dimulai dari standard minimal sampai standard ideal
4. Identifikasi pemanfaatan
Dalam rangka pengembangan Laboratorium TIK inii, sumber dana kami rencanakan berasal dari :
1. Iuran siswa
2. Alokasi BOS
3. Bantuan yayasan
4. Sumbangan komite, masyarakat, BUMN dan BUMS
5. Bantuan Pemerintah Daerah, Propinsi dan Pusat (Blocgrant dll)
6. Kerjasama dengan berbagai pihak
7. Pinjaman lunak BUMN dan BUMS

C. Desain Ruangan dan Peralatan Laboratorium
Desain ruangan berkaitan dengan perencanaan jangka panjang yang berkaitan dengan rencana pembangunan gedung baru yang lebih ideal dan kapabel dalam memenuhi standar ideal laboratorium TIK.
Pembangunan yang direncanakan berupa 2 lantai dengan pembagian, ruang atas sebagai pusat administrasi pengendalian dan ruangan khusus pembelajaran bagi siswa dan pelatihan-pelatihan intern. Sedang ruang bawah berupa ruangan laboratorium TIK yang dapat digunakan bersama baik untuk pembelajaran maupun untuk pelayanan umum bagi masyarakat.
Setiap ruangan akan dihubungkan melalui jaringan dan dilengkapi area hotspot. Setiap 5 meter di tembok luar dan 2 meter di tembok dalam akan diberi sebuah stop kontak untuk menghubungkan arus listrik.
Setiap ruangan hanya terdapat 1 pintu sebagai akses jalan keluar masuk yang dilengkapi pintu ganda dilengkapi alaram dan setiap ruangan dipasang jendela manual dan diberi teralalis untuk menjaga keamanan.
Untuk desain penataan peralatan computer menggunakan pola U dan desain jaringan menggunakan topologi bintang (Star).

Gambar rencana penataan computer dan mebeler














Gambar rencana desain topologi yang digunakan



Bagian – 3
Fungsi dan Kegunaan

A. Tujuan Pengembangan Laboratorium TIK
1. Pemenuhan standard pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
2. Peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran TIK
3. Peningkatan sarana prasarana pembelajaran yang ideal
4. Untuk mendukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terkini oleh berbagai pihak
5. Untuk mendukung peningkatan kreatifitas seluruh warga madrasah

B. Fungsi Pemanfaatan Pengembangaan Laboratorium TIK
1. Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang terjadwal
2. Untuk mendukung peningkatan life skill siswa dalam bidang TIK
3. Untuk kegiatan pelatihan-pelatihan bagi guru dan siswa
4. Untuk kegiatan kursus computer bagi masyarakat
5. Untuk mendukung pencarian informasi dan pengetahuan terbaru
6. Untuk sarana pengembangan pembuatan media pembelajaran berbasis computer dan web
7. Untuk sarana pengembangan web madrasah





Bagian – 4
Bagian Alokasi Dana yang Dibutuhkan

No Jenis Spesifikasi Jumlah Harga (RM) Total (RM)
Pembangunan
1 Pembangunan Gedung baru 2 lantai 1 200.000.000 200.000.000
2 Pemasangan listrik 300 Watt 1 3.500.000 3.500.000
3 Perbaikan arus listrik/ Penataan daya yang sudah ada Percabangan 2 1.000.000 2.000.000
Jumlah 205.500.000
Pembelian:
1 PC centrino duo LCD, DVD RW, 1 GB, 80 GB 20 4.000.000 80.000.000
2 Win XP install 1 1.000.000 1.000.000
3 Thermo paste 25 100.000 2.500.000
4 Instalasi Jaringan 25 200.000 5.000.000
5 Hub/ Switch 6 500.000 3.000.000
6 Lancard 10 100.000 1.000.000
7 Air conditioner (AC) 4 2.500.000 10.000.000
8 Laptop HP DVD RW, 2 GB, 350 GB 5 7.000.000 35.000.000
9 LCD Proyektor 1 7.000.000 7.000.000
10 Printer Deskjet 2 500.000 1.000.000
11 Meja-kursi Bahan Kayu Jati, bentuk sedang, layar atas 10 600.000 6.500.000
Jumlah 151.000.000
Perbaikan:
1 CPU Pentium 4 2 500.000 1.000.000
2 CPU Pentium 3 5 200.000 1.000.000
3 Layar CRTV 3 200.000 600.000
4 Meja Kursi 10 100.000 1.000.000
Jumlah 3.600.000
TOTAL 360.100.000




Bagian – 5
Penutup


Demikian proposal ini kami sampaikan, semoga Bapak/Ibu berkenan menyetujui rencana ini. Terima kasih

Pekalongan, 1 Juni 2010

Mengetahui, Kepala Laboratorium TIK
Kepala MTS Muhammadiyah Pekajangan



HEROWATI, S,Ag MUH.SYUKRON, S.Pd.I
NIP. 150 134 711 NIP. 19790406 200710 1 002



TIM PENGEMBANG KTSP MTS MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN


1. Penanggung jawab : HEROWATI, S.Ag
(Kepala Sekolah)
2. Ketua Pelaksana MUH.SYUKRON
3. Koordinator Teknis ASRUL ARIF


4. Anggota : 1) Siti Khomsah, A.Md
2) Dina Kamilia Sari, S.Pd
3) Muhammad Khairuddin, S.Pd
4) Sumarno, S.Pd.I



Dokumentasi Kondisi MTs Muhammadiyah Pekajangan

Keadaan Profil MTs












































Keadaan Halaman





















































Keadaan Ruangan Laboratorium




























DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
PROGRAM S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UJIAN AKHIR SEMESTER TAHUN 2010/2011

Mata Kuliah : PENGELOLAAN LABORATORIUM TIK
Hari/Tanggal : Juni 2010
Dosen : Cepi Riyana, M.Pd
Sifat Ujian : Take Home Exam

Petunjuk dan Tugas :

Bapak/Ibu Mahasiswa Dual Kompetensi Depag tentunya memiliki beragam pengalaman yang berkaitan dengan implementasi pembelajaran di sekolah / madrasah masing-masing, termasuk berkaitan dengan fasilitas laboratorium TIK / Komputer, apakah sebagai pengguna atau pengelola. Fasilitas laboratorium yang Bapak/Ibu miliki cukup beragam, dari yang sudah lengkap hingga yang belum memiliki lab. Semuanya harus “dikembangkan” sesuai standar ideal sebuah laboratorium TIK. Tugas Bapak/Ibu adalah buatlah proposal pengembangan Laboratorium TIK di Madrasah, dengan sistematika sebagai berikut :

A. Cover depan, berisi : judul, pembuat, logo sekolah/madrasah, nama dan alamat sekolah/madrasah.
B. Kata Pengantar
C. Daftar Isi
D. Bagian-1 : Analisis Situasi : kemukakan alasan-alasan yang rasional mengapa diperlukannya pengembangan lab TIK di sekolah Bapak/Ibu, analisis tersebut didasarkan atas “ Analisis SWOT”
E. Bagian-2 : Desain Program Pengembangan : kemukakan komponen-komponen apa saja yang akan dikembangkan seperti pra sarana, sarana, fasilitas, dan alat (sesuaikan dengan yang sudah dimiliki sekarang), bagaimana pengaturan dari masing-masing aspek tersebut, kemukakan desain (gambar) / denah, atau gambar alat-alat yang dibutuhkan.
F. Bagian- 3 Fungsi dan Kegunaan
G. Bagian- 4 Alokasi Dana yang dibutuhkan
H. Bagian-5 Penutup.

Bapak/Ibu bisa melakukan impruvisasi dari sistematika tersebut, karena point A-H adalah komponen dasar yang perlu ada, selebihnya Bapak/Ibu dapat mengembangkan sendiri.

Ketentuan :
1. Naskah di Tik 1.5 spasi, huruf Arial 11 Karakter.
2. Diberi cover yang bagus (desain Adobe)
3. Di jilid rapih
4. Kumpulkan paling lambat tanggal 17 Juni 2010.


Selamat Bekerja !